5 Cara Merawat Ban Motor Tubeless Agar Awet

Salah satu alasan mengapa banyak pengendara memilih ban tubeless yaitu karena tidak perlu mengganti ataupun menambal apabila ada ban dalam yang bocor. Meskipun begitu masih ada saja pengendara yang mengalami masalah ketika sudah beralih ke ban tubeless. Maka itu penting untuk mengetahui cara merawat ban motor tubeless agar tetap awet.

5 Cara Merawat Ban Motor Tubeless Agar Awet

 

Inilah 5 Cara Merawat Ban Motor Tubeless Agar Awet :

1. Cek Secara Rutin

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika telah menggunakan ban tubeless yaitu melakukan pengecekan secara rutin. Apalagi jika motor sering digunakan untuk bepergian dalam jarak yang cukup jauh yang akan berpengaruh pada tekanan dan permukaan ban. Pengecekan secara rutin dapat dilakukan mulai dari mengecek tekanan.

Pastikan tekanan udara pada ban motor pada kondisi yang tepat. Untuk mengatur tekanan bisa menggunakan alat pengukur tekanan ban atau bisa mengira-ngira sendiri. Umunya tekanan udara dapat dicek menggunakan tangan. Jika ketika ditekan ban terasa lebih empuk berarti masih butuh tambahan angin. Begitu pula apabila ban sudah keras maka tidak perlu menambahkan angin.

2. Hindari Pemakaian Cairan Anti Bocor

Pada umumnya cairan anti bocor berbentuk gel. Cairan yang berbentuk gel ini dapat menghambat pentil ban. Gel akan berfungsi menambal dengan cara membentuk gumpalan pada satu titik permukaan yang mengalami kebocoran. Hal ini akan berpengaruh pada keseimbangan putarannya.

Selain itu, penggunaan cairan anti bocor juga dapat merusak permukaan pelek ban bagian dalam. Hal ini karena cairan anti bocor biasanya mengandung Ph yang dapat membuat pelek berkarat. Meskipun memiliki keuntungan memudahkan penambalan ban, namun dampaknya cukup buruk bagi ban tubeless.

3. Hindari Membawa Beban Berlebihan

Cara merawat ban motor tubeless selanjutnya yaitu menghindari membawa beban yang berlebihan.  Membawa beban yang terlalu berat dan besar akan berpengaruh pada kerusakan kendaraan termasuk ban tubeless. Untuk memastikan beban yang dibawa sesuai dengan standart kekuatan kendaraan, pengendara dapat melihatnya pada bagian ban.

Pada setiap ban terdapat load index dan speed symbol sebagai petunjuk seberapa kuat ban menahan beban dengan batas kecepatan maksimum yang aman. Sebagai contoh, apabila pada ban tertulis petunjuk 90/80-17 M/C 46S, artinya load index ban tersebut 46, dan ban dapat menahan beban hingga 170 kg.

4. Jangan Biarkan Ban Kempes Terlalu Lama

Membiarkan ban kempes terlalu lama akan merusak ban itu sendiri. Begitu pula ban yang sudah kempes namun tetap dipaksa digunakan juga akan berakibat pada kerusakan ban hingga Velg kendaraan. Oleh karenanya pentingnya melakukan pengecekan rutin akan menghindari ketidaktahuan ketika ban kempes.

Ban yang kempes namun dipaksa jalan dapat menyebabkan ban meletus di tengah jalan. Apabila ini terjadi maka akan membahayakan diri sendiri. Disamping itu juga membahayakan pengendara lain. Bahkan akibat buruknya ban dapat mengalami kecelakaan karena motor kehilangan keseimbangan akibat ban yang kempes.

5. Hindari Membeli Ban yang Sudah Expired

Semua produk yang sudah expired memang sudah tidak layak digunakan, begitu pula dengan ban tubeless. Ban yang sudah melewati masa kadaluarsanya memiliki ciri-ciri seperti terlalu keras, kaku dan karetnya sudah lapuk. Untuk menghindari hal ini pengendara dapat melihatnya pada bagian ban.

Selain penting mengetahui petunjuk load index dan speed symbol, penting juga mengetahui masa expired ban. Pengendara dapat mencermati petunjuk pada pinggir garis ban. Biasanya disitu tertulis petunjuk kapan masa berlaku ban digunakan. Sebagai contoh, apabila pada ban tertulis angka 3103 artinya ban dibuat pada minggu ke 31 pada tahun 2003. Biasanya ban sudah kadaluarsa setelah 6 tahun dari tahun pembuatannya.

Mengetahui cara merawat ban motor tubeless memang penting agar terhindar dari kerusakan ban hingga keselamatan pengendara. Ulasan di atas dapat dijadikan referensi untuk menambah wawasan dalam merawat ban tubeless.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Merawat Ban Motor Tubeless Agar Awet"

Posting Komentar

"BAGAIMANA PENDAPAT ANDA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel