5 Cara Merawat Aki Basah Mobil Agar Awet dan Bekerja Baik

Cara merawat aki basah mobil agar awet mungkin gampang-gampang susah dilakukan. Karena tidak seperti aki kering yang cukup dibuang dan diganti saat sudah mengalami soak. Para pemilik kendaraan harus ekstra dalam melakukan perawatan terhadap aki basah sehingga fungsinya tetap berjalan baik.

cara merawat aki basah mobil agar awet

Dan berikut akan diuraikan beberapa tips yang perlu dipahami :

1. Memeriksa Aki Basah Secara Rutin

Hal pertama inilah yang tidak boleh dilupakan. Pemeriksaan secara rutin terhadap aki basah akan membuatnya lebih awet dan arus listrik untuk kendaraan tersuplai dengan baik. Para pemilik tentu tidak bisa menganggap remeh cara ini. Apalagi aki memang memiliki peran yang sangat krusial. Langkah pengecekan yang dapat dilakukan beberapa di antaranya yaitu:

     Periksa aki basah serta komponennya, seperti bodi dan knop atau tutup. Pastikan tidak ada keretakan pada komponen-komponen tersebut.

     Gunakanlah sikat kawat atau amplas untuk membersihkan terminal aki dari bekas pengapuran dan juga korosi.

     Pakailah penutup yang terbuat dari karet guna menutup terminal tersebut.

2. Membersihkan Kepala Aki

Kepala aki basah sering kali mengalami masalah berupa munculnya kerak berwarna putih. Hal tersebut disebabkan karena adanya oksidasi di dalam cairan aki. Proses itulah yang akan menghasilkan zat berupa asam sulfat dan bersifat korosif. Jika sudah begini, maka perlu untuk membersihkan terminal pada kepala aki plus.

Cara paling mudah untuk menghilangkan kerak putih tersebut yaitu dengan menyiram kepala aki basah menggunakan air panas. Tapi guna mencegah tumpah dan tentunya lebih meningkatkan keamanan, sebaiknya lepas dulu aki basah. Setelah itu, turunkan aki dari mobil. Lalu selanjutnya bisa menyiramnya. Aplikasikan pula grease (gemuk) agar bisa terhindar dari karat.

3. Mengisi Air Aki Sesuai dengan Volume-nya

Dalam aki basah terdapat cairan elektrolit yang memiliki peran berupa penyimpan cadangan listrik. Jika jumlah cairan tersebut berkurang atau malah habis hingga kering, maka aki tidak mampu menyuplai arus listrik untuk komponen mobil. Apalagi proses penguapan akibat panas mesin terus saja terjadi. Pada tahap inilah pemilik kendaraan harus melakukan perawatan.

Isilah air aki hingga pada volume maksimal. Atau paling tidak, cairan masih berada dalam level yang aman untuk bisa tetap bekerja. Saat melakukan isi ulang, jangan sampai lupa memilih botol air yang memiliki warna biru. Karena memang air aki disediakan dengan dua jenis botol, yakni biru dan merah (accu zuur).

4. Memanaskan Mesin Secara Teratur

Cara merawat aki basah mobil agar awet yang berikutnya ini juga harus dilakukan. Sebagai pengguna kendaraan roda empat untuk aktivitas setiap hari, tidak boleh malas melakukan tips ini. Sesibuk apapun, sebaiknya sepuluh menit sebelum menggunakan mobil panaskan mesinnya terlebih dahulu.

Fungsi utama memanaskan mesin yaitu meratakan sirkulasi oli yang terdapat di mesin kendaraan. Sehingga kinerja dan performanya tetap prima meskipun digunakan di perjalanan panjang. Tapi sebelum melakukan ini, pastikan bahwa cairan dalam aki berada di volume maksimal. Lalu arus listrik tetap dalam kondisi stabil.

5. Mematikan Alat Elektronik

Sebelum mematikan mesin dan turun dari kendaraan, pastikan tidak ada perangkat elektronik yang masih menyala, seperti lampu dan sistem audio. Hal ini berguna ketika pengguna hendak menyalakan mesinnya. Karena nantinya arus listrik yang ada dalam aki basah bisa lebih terfokus pada starter dan tidak terbebani alat lain.

Itulah yang perlu dipahami oleh pemilik kendaraan dalam cara merawat aki basah mobil agar awet dengan masa pakai lama. 5 tips di atas harus dilakukan secara rutin supaya aki tetap dalam kondisi baik. Sehingga suplai arus listrik terhadap komponen kelistrikan bisa terpenuhi dan bekerja dengan maksimal pula.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Merawat Aki Basah Mobil Agar Awet dan Bekerja Baik"

Posting Komentar

"BAGAIMANA PENDAPAT ANDA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel