6 Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Awet dan Nyaman Untuk Berkendara

Bagi pemilik kendaraan roda empat, sangat penting untuk paham perihal cara merawat mesin mobil agar tetap awet juga sehat. Apalagi jika kendaraan tersebut dipakai menemani kegiatan setiap hari dengan aktivitas yang cukup sibuk di jalan.

Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Awet

 

Supaya tetap dalam performa terbaik dan kondisi prima, ikuti tips-tips yang diuraikan berikut ini:

1. Bersihkan Mesin dengan Produk Terbaik

Penggunaan kendaraan setiap hari tentu membuat mesin mobil terkena kotoran atau kontaminasi yang bisa mengakibatkan karat. Jika dibiarkan terlalu lama, maka potensi kerusakan sangat besar terjadi. Dan yang paling parah adalah mengalami turun mesin. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkannya secara rutin.

Membersihkan mesin mobil tidak boleh asal. Para pemilik kendaraan harus memilihkan produk pembersih yang tepat dan berkualitas. Paling tidak untuk satu bulan, bersihkan mesin satu kali guna mencegahnya dari korosi atau dampak bahaya lainnya. Namun ini bisa dilakukan dengan melihat tingkah kekotoran pada mesin tersebut.

2. Ganti Oli Secara Rutin

Oli turut memegang peranan penting terhadap kendaraan roda empat. Oleh karenanya, perawatannya harus diperhatikan benar dengan melakukan pengecekan rutin. Oli yang dibiarkan bekerja terus menerus tanpa ada perawatan tentu mengalami penurunan daya pakai. Perannya sebagai komponen pendingin pada mesin tidak akan berfungsi baik.

Untuk menjaga kinerjanya dalam menyokong mesin mobil, sebaiknya ganti sesuai waktunya. Umumnya, oli akan diganti ketika jarak tempuh pada kendaraan sudah menunjukkan angka 10.000 kilometer. Tapi untuk penggunaan yang berada di jalan tidak normal atau sering terjebak macet, beberapa bengkel menyarankan untuk diganti apalagi mencapai 5.000 kilometer.

3. Perhatikan Cara Berkendara

Cara merawat mesin mobil agar tetap awet yaitu dengan memperhatikan benar bagaimana saat membawa kendaraan. Inilah alasan mengapa pengguna tidak diperkenankan kebut-kebutan. Karena mesin yang dipaksa bekerja tinggi tentu semakin cepat rusak. Selain itu, cegahlah mesin terlalu lelah dengan tahu saat untuk mengganti kopling pada mobil manual.

4. Isi Air Radiator dengan Coolant

Mengapa air radiator perlu diisi dengan cairan pendingin (coolant) secara berkala? Jawabannya yaitu untuk mencegah mesin mobil mengalami panas yang terlalu tinggi atau biasa dikenal overheating. Karena memang air radiator ini akan membantu mendinginkan mesin ketika bekerja terlalu berat.

Pastikan memilihkan coolant yang terbaik dan mengandung anti-rust. Karena zat kimia tersebut mampu membantu menjaga kebersihan dari ruang radiator. Selain coolant, periksa juga komponen lain yang memerlukan cairan, seperti pada rem dan power steering. Isi pula tabung air wiper ketika airnya sudah habis jika memang terbiasa memakainya.

5. Lakukan Tune Up Secara Berkala

Jangan membawa mobil ke bengkel hanya saat hendak melakukan servis besar saja. Karena hal tersebut tidak mampu mendeteksi kerusakan kecil yang ada pada mesin atau komponen lain. Usahakan melakukan tune up dengan berkala agar performa tetap dalam kondisi baik. Lakukan pula konsultasi kepada mekanik ahli mengenai perawatan mobil.

6. Pakai Bahan Bakar dengan Teknologi DYNAFLEX

Bukan hanya nilai oktan yang perlu diperhatikan jika memilih bahan bakar. Karena untuk memberikan perlindungan yang lebih baik kepada mesin, sudah ada teknologi bernama DYNAFLEX. Teknologi tersebut diklaim mampu menghasilkan molekul pembersih sebanyak tiga kali lipat guna mencegah pengendapan dan gesekan. Salah satu bahan yang memakai DYNAFLEX yaitu Shell V-Power.

Itulah cara merawat mesin mobil agar tetap awet guna menciptakan performa terbaik yang perlu untuk dipahami. Sebagai pemilik kendaraan tentu tidak boleh abai dan harus rutin melakukan pengecekan atau servis di bengkel resmi. Karena penting sekali menjaga mesin untuk bisa berkendara dengan aman di medan jalan bagaimanapun.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Awet dan Nyaman Untuk Berkendara"

Posting Komentar

"BAGAIMANA PENDAPAT ANDA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel