4 Tips Perawatan Mobil Listrik

Jelas suatu kebanggaan apabila Anda saat ini telah memiliki mobil listrik. Karena, kendaraan dengan teknologi terbaru ini memang baru saja rilis di Indonesia. Sehingga penggunanya masih sangat sedikit di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, berbicara soal tips perawatan mobil listrik.

Mungkin banyak dari kalian belum memahami nih bagaimana sih cara merawat mobil teknologi terbaru itu dengan benar. Karena, namanya juga kendaraan pasti memiliki mesin dan body mobil yang perlu kita perhatikan agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Karena menjadi hal baru bagi kita semua, bagaimana kalau kita barengan mengulas tentang beberapa tips merawat mobil listrik. Supaya kendaraan tersebut tetap dalam kondisi prima dan selalu nyaman saat Anda gunakan.

4 Tips Perawatan Mobil Listrik

 

1. Lakukan Pengecekan Mesin Secara Berkala

Menggunakan teknologi canggih dengan bahan dasar listrik. Bukan berarti, kita harus mengabaikan mesinnya. Lantaran, setiap kendaraan roda empat pasti memiliki mesin perlu kita perhatikan dan terus rawat secara berkala.

Misalkan dengan mengecek bagian radiator kendaraan. Karena kita tahu fungsi radiator sendiri untuk komponen pendingin. Nah, mobil listrik juga membutuhkan komponen tersebut untuk menjaga suhu mobil tetap baik.

Kemudian, mengganti oli speed reducer juga perlu kita lakukan secara rutin, loh dan jangan sampai lupa. Lantaran, oli tersebut dibutuhkan mobil listrik sebagai pelumas untuk menopang kinerja kendaraan. Keuntungannya adalah kita tidak perlu ganti oli speed reducer dalam jumlah banyak. Karena hanya butuh 1 liter saja setiap bulannya.

Karena banyak perlu kita lakukan pengecekan sebagai salah satu tips perawatan mobil listrik. Maka, Anda bisa membawa kendaraan tersebut ke layanan service mobil listrik terdekat. Agar segala perbaikan mesin dapat dilakukan dengan detail dan benar.

 

2. Tips Perawatan Mobil Listrik dengan Slow Charging 

Penggunaan mobil listrik pun beragam. Ada orang yang setiap saat menggunakan mobil listrik atau ada pula yang jarang. Walau begitu, memilih slow charging ternyata lebih disarankan daripada melalui fasilitas fast charging, loh.

Tentu hal ini mempunyai alasan kenapa ada pernyataan seperti itu. Karena pemilihan metode pengisian daya juga dapat mempengaruhi kondisi serta usia baterai mobil, loh.

Dimana, kalau Anda menggunakan Mode slow charging itu artinya kendaraan akan masuk ke dalam sistem arus alternating current. Sementara untuk fast charging akan menggunakan arus direct current.

Pengisian daya dengan model slow charging memang nyatanya butuh waktu lebih lama sampai baterai terisi penuh. Tapi model ini merupakan cara lebih aman karena akan membuat umur baterai lebih awet.

 

3. Bersihkan Kendaraan Seminggu Sekali

Bukan hanya mobil biasa yang wajib Anda bersihkan minimal seminggu sekali. Mobil listrik pun perlu mendapat perawatan yang sama. Namun, untuk mobil dengan teknologi terbaru ini pun kita tetap memperhatikan cara membersihkan kendaraan yang benar.

Lantaran. Dengan mesin cukup sensitif membuat pengguna wajib berhati-hati. Maka itu, kalian dapat menggunakan beberapa peralatan sederhana untuk bersihkan mobil.

Seperti kanebo, kemoceng untuk bersihkan bagian dalam mobil. Dan untuk bagian luar, kalian bisa gunakan semprotan air mengalir dan pastikan jangan sampai terlalu mengenai bagian utama mesin,ya.

 

4. Jangan Lupa Untuk Charger Meski Mobil Jarang Digunakan 

Terkadang kita pun tidak menggunakan mobil listrik dalam jangka waktu cukup lama. Misalnya dalam waktu 3 hari, seminggu, atau bahkan sebulan. Sehingga Sebagian orang melakukan charger kendaraan tidak diperlukan. Karena mobilnya pun tidak mereka gunakan.

Nah, tentu saja hal tersebut tidak betul. Lantaran dalam tips perawatan mobil listrik, Anda juga wajib mengecek kondisi daya mobil dan apabila berkurang atau habis wajib buat di charger, ya. Baterai yang dayanya dibiarkan kosong sampai habis atau di bawah 10 persen umumnya dapat mengalami kerusakan lebih cepat.

Walaupun, kebanyakan produsen kini memberikan garansi panjang untuk baterai mobil listrik. Namun demikian, tak ada salahnya untuk kita terus merawat kondisi baterai agar tidak alami kendala saat kendaraan roda empat itu hendak Anda gunakan.

 

 

Demikian beberapa tips perawatan mobil listrik perlu Anda ketahui. Agar kedepannya Anda dapat lebih mengerti bagaimana cara agar kendaraan bisa lebih awet. Serta performa dan kenyamanan sama seperti saat pertama kali Anda beli.

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Perawatan Mobil Listrik"

Posting Komentar

"BAGAIMANA PENDAPAT ANDA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel