Cara Perawatan Mobil Matic Calya yang Gampang Biar Awet Tahan Lama

Mobil matic calya merupakan salah satu kendaraan beroda empat yang memiliki banyak kelebihan salah satunya yaitu harga terjangkau. Walaupun begitu, mobil ini tetap saja membutuhkan perawatan agar tampil lebih maksimal. Lalu, bagaimanakah cara perawatan mobil matic Calya?

Cara Perawatan Mobil Matic Calya

Tips dan Cara Perawatan Mobil Matic Calya

Ulasan berikutnya sudah pasti pas bagi Anda pemilik mobil Calya atau bahkan berencana untuk membeli mobil ini. Karena kami akan mengulas tips dan cara merawat mobil Calya. Simak ya:

1.         Mencuci Mobil dengan Teknik yang Benar

Mencuci merupakan salah satu cara merawat mobil yang paling sering dilakukan oleh orang banyak setiap minggunya. Hanya saja tidak semua orang tahu bagaimana cara mencuci mobil yang baik dan benar agar mobil akan tetap awet.

Sebab, mencuci mobil dengan cara yang salah tentunya dapat merusak bodi mobil. Lalu, bagaimanakah mencuci mobil dengan teknik yang benar? Anda hanya perlu menggunakan sabun dan lap khusus untuk mencuci mobil. Hindari penggunaan sabun dan lap yang tidak sesuai dengan kegunaannya.

Selain itu, hindari juga mengeringkan mobil di terik sinar matahari. Keringkanlah mobil menggunakan lap khusus yang memiliki daya serap yang baik seperti, kanebo. Cara ini tentunya tidak hanya berlaku untuk mobil matic calya, namun cara ini berlaku untuk semua jenis mobil.

2.         Cara Perawatan Mobil Matic Calya dengan Mengganti Oli

Mengganti oli merupakan salah satu cara perawatan mobil matic calya agar mesin mobil memiliki performa yang bagus saat digunakan. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti oli.

Pertama yaitu, jangka waktu pemakaian mobil Anda. Untuk mobil baru, ganti olinya dilakukan setelah mobil menempuh jarak kurang lebih 1.000 km. Selanjutnya, Anda bisa mengganti oli mobil Anda jika mobil sudah menempuh jarak 3.000 – 5.000 km.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan oli yang berkualitas. Sehingga mesin Anda dapat bekerja secara maksimal dan awet.

3.         Mengganti Air Radiator

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah mengecek air radiator. Radiator merupakan salah mesin mobil yang berfungsi untuk menjaga temperatur mesin mobil agar tetap stabil. Mengapa hal ini perlu diperhatikan?

Mengecek air radiator sangatlah diperlukan, sebab apabila mesin mobil memiliki temperatur yang sangat panas, maka mesin akan cepat mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan air apa yang digunakan untuk mengganti air radiator.

Sebab, penggunaan sembarang air juga dapat mempengaruhi terjadi kerusakan terhadap mesin baik cepat atau lambat. Kami sarankan agar menggunakan air khusus radiator untuk hasil yang lebih maksimal.

4.         Mengecek Penyaring Udara

Selain mengganti air radiator, jangan lupa juga untuk mengecek penyaring udara pada mobil Anda. Apabila filter udara mobil Anda kotor, maka nantinya mobil Anda akan sangat susah Anda hidupkan, begitu juga sebaliknya. 

Untuk membersihkan filter udara pada mobil terbilang sangatlah mudah. Berikut adalah cara membersihkan filter udara pada mobil.

  1. Bukalah kap mobil terlebih dahulu.
  2. Lalu, cabut filter udara dari tabung filter.
  3. Kemudian, bersihkanlah menggunakan alat yang ada seperti, sikat atau lap.

Perlu Anda ingat, jangan menggunakan angin bertekanan tinggi dalam melakukan proses ini. Sebab, tentunya akan merusak penyaring udara pada mobil Anda.

5.     Mengecek Tekanan Angin Ban Mobil

Tekanan angin pada ban mobil tentunya dapat berpengaruh terhadap performa mobil Anda. Usahakan agar tidak berlebihan atau kurang dalam mengisi angin ban mobil. Pada mobil matic calya standar tekanan angin pada ban mobil yaitu 35 psi untuk semua rodanya.

Selain itu, cara perawatan mobil matic calya yang paling penting adalah mengendarainya secara hati hati. Dengan seperti itu, tidak hanya mobil Anda yang terawat namun diri Anda dapat terhindar dari yang namanya kecelakaan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Perawatan Mobil Matic Calya yang Gampang Biar Awet Tahan Lama"

Posting Komentar

"BAGAIMANA PENDAPAT ANDA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel